Seberapa penting Anda membuka blog saya?

Jumat, 17 September 2010

TEMBAKAU


Musim tembakau di Kabupaten Probolinggo bagian timur seperti di Kecamatan Besuk, Paiton, Kota Anyar dll sudah mulai panen. Para petani, belandang tembakau, pabrik rokok mulai disibukkan dengan salah satu aset terbesar di Indonesia itu.Tembakau (tobacco) adalah sejenis tanaman herbal. Tanaman ini berasal dari Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sejarah Tembakau penuh dengan intrik dan nuasa mitos, pada mulanya digunakan oleh orang - orang asli Amerika untuk digunakan sebagai media perobatan. Sejarah mereka pada masa itu banyak dikaitkan dengan tanaman tembakau. Ajaran - ajaran kepercayaan mereka juga ada kaitannya dengan tumbuhan tembakau, dimana pada waktu itu asap tembakau dipercaya dapat memberi perlindungan dari mahluk halus yang sangat jahat dan begitu juga sebaliknya memudahkan mereka mendekati mahluk halus yang baik.
Tembakau yang baik bisa tumbuh didaerah-daerah panas seperti di Deli, Temanggung, Madura, Besuki, Probolinggo bagian timur, Lombok timur dll. Tembakau merupakan komoditas paling unggul, sehingga banyak petani menanam tembakau yang hanya satu tahun sekali yakni pada bulan 7-9 (tiga bulan) tergantung daerah.
Yang lebih unik lagi disini para petani pada masa penanaman saling membantu antara satu petani dengan petani yang lain, begitu juga pada tahap proses penjemuran. Umumnya penanaman bibit tembakau dilakukan setelah Dzuhur sekitar jam 2-3 sore.
Para petani tembakau menjual hasil tembakaunya kepada tengkulak atau yang biasa disebut belandang (daerah sini) kemudian belandang menjualnya kembali kepada pabrik rokok seperti yang ada didaerah Paiton, Kraksaan dan sekitarnya namun sebagian juga para petani langsung menjualnya ke pabrik rokok jika mereka punya nama di pabrik tersebut. Harga tembakau saat ini kisaran 25 - 30 ribu perkilo ditingkat para pengepul/ belandang, namun di pabrik/gudang rokok berbeda.

Tembakau tidak hanya mempunyai dampak positif negatif.
Manfaat Tembakau:
1. Tembakau Hasilkan Protein Anti Kanker
2. Untuk ngelepas gigitan lintah gan
3. Obat diabetes dan antibody
4. Anti radang
5. Obat HIV / AIDS
6.Pemelihara kesehatan ternak
7.Penghilang embun
8.Obat luka
9. Bisnis tembakau
10. Sebagai Biofuel

Keterangan lebih lanjut lihat di http://kaskusnews.us/2010/03/17/10-manfaat-tembakau-yang-perlu-diketahui/

Dampak negatif tembakau:
Sebenarnya tembakau sendiri tidak punya dampak negatif tapi bagi para petani, namum bila tembakau itu dijadikan rokok, dampaknya menurut saya hanya merugikan kesehatan, bagi yang tidak kerja hanya membuang uang saja....!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar